Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
logo ditjenak
LPSE
Karantina
Logo Statistik
Wartazoa
PPID
Jitv
Wbs
Sms center

Produk Teknologi

Ternak Unggul Balitbangtan Makin Menawan PDF Cetak E-mail
Selasa, 16 Juli 2019 09:41

Ternak Unggul Balitbangtan makin menawan, pesonanya makin memikat peternak dan institusi untuk mengembangkannya. Pada Selasa, 16 Juli 2019 Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Ir. Atien Prianti, MSc. dan Kepala Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Dr. Soeharsono, SPt., MSi. menerima dan mendampingi kunjungan Kepala Balitbangtan Dr.Ir. Fadjry Djufry , MSi.; Bupati Wajo Sulawesi Selatan  Dr. H. Amran Mahmud, SSoS, MSi. beserta Istri dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wajo Ir. Muhammad Ashar; serta Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Dairi Sumatera Utara Vivi Nilhastuti, SE, MSi. ke lokasi kandang ayam UPBS, feed mill, rumah penetasan telur, kandang itik, dan sapi Belgian Blue.

Penjelasan tentang ayam kampung unggul Balitbangtan disampaikan oleh Kepala Puslitbangnak dan Kepala Balitnak kepada Bupati Wajo dan yang hadir di acara kunjungan. Salah satu keunggulan ayam KUB sebagai female line dapat menghasilkan telur sampai dengan 180 butir per ekor per tahun. Disampaikan pula salah satu keunggulan ayam Sensi Agrinak sebagai male line yang bisa mencapai bobot hidup lebih dari 1 kg pada umur 70 hari.

Pada kunjungan kali ini, Kepala Balitbangtan juga meninjau feed mill sebagai contoh mandiri pakan yang akan dibangun oleh Balitnak. Sementara itu, Bupati Wajo berencana mengembangkan ayam KUB untuk perbibitan di lahan seluas 10 ha. Rencananya hasil pengembangan akan didistribusikan kepada masyarakat. Hal serupa disampaikan pula oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.

Rombongan juga meninjau kandang itik, penjelasan tentang itik disampaikan oleh Peneliti itik Dr. Triana Susanti. Diantaranya adalah itik hibrida MA (Mojosari x Alabio) yang disebut itik Master. Itik Master merupakan hasil persilangan dari Parent Stock Mojomaster-1 Agrinak (jantan) dan Alabimaster-1 Agrinak (betina) yang menghasilkan Final Stock Itik Master Betina (Itik Petelur Unggul) dan Itik Master Jantan (Itik Potong Ukuran Sedang).  Itik Master diharapkan mampu beradaptasi dengan lingkungan dan berpotensi sebagai bibit niaga penghasil telur. Kemudian, dijelaskan pula bibit itik pedaging unggulan lokal atau yang disebut itik PMp. Bibit itik PMp secara genetis mengandung kombinasi darah itik Peking (jantan) dan itik Mojosari Putih (betina). Itik PMp memiliki potensi menghasilkan karkas berwarna bersih dan cerah dengan bobot mencapai 2 kg pada umur 10 minggu.

Lokasi lainnya yang dikunjungi yaitu kandang percobaan ruminansia besar. Disini, rombongan terkesan dengan sapi Belgian Blue yang telah lahir di Balitnak dengan metode Embrio Transfer dan Inseminasi Buatan.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com