Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
Jitv
LPSE
PPID
Wartazoa
Wbs
Karantina
logo ditjenak
Sms center

Produk Teknologi

Hewan Kurban ASUH di BHQ PDF Cetak E-mail
Selasa, 06 Agustus 2019 21:57

Bogor, 6 Agustus 2019 dilaksanakan pembukaan secara resmi kegiatan Bursa Hewan Qurban (BHQ) yang ke-20. BHQ merupakan kegiatan rutin Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam hal ini Dinas Pertanian Kota Bogor. BHQ ke-20 dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. yang menyampaikan bahwa Bursa Hewan Qurban adalah diseminasi dan perwujudan fungsi sosial Balitbangtan kepada masyarakat dalam penyediaan hewan kurban yang memenuhi syariat islam, yaitu aman, sehat, utuh (tidak cacat), dan cukup umur. Kementerian Pertanian juga telah menetapkan standarisasi hewan kurban dengan prinsip ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim dalam sambutannya menyampaikan keinginan untuk menghilangkan penggunaan kantong plastik dalam pembagian daging kurban. Disampaikan juga dengan adanya kegiatan BHQ, Pemkot Bogor merasa terbantu karena penjualan hewan kurban tersentralisasi satu tempat dengan kesehatan hewan kurban yang terjamin.

Sementara itu, Kepala Puslitbangnak Dr. Ir. Atien Priyanti, M.Sc. menjanjikan bahwa semua hewan yang dijual peternak sudah diperiksa kesehatannya oleh para dokter hewan yang terhimpun dalam Tim Kesehatan Hewan (Keswan) dari Balitbangtan dan Dinas Pertanian Kota Bogor.

Bursa Hewan Qurban ke-20 digelar selama 11 hari, mulai tanggal 1 s.d. 11 Agustus 2019 bertempat di halaman kantor Puslitbangnak Jl. Raya Pajajaran Kav E-59 Bogor, diikuti sekitar 14 peternak dengan 22 outlet yang berasal dari Jawa Barat (Bogor, Cianjur, Sukabumi), Jawa Tengah (Boyolali), dan Jawa Timur (Lumajang).  Pada penyelenggaraan BHQ ke-20 ini, tersedia sekitar 200 ekor sapi dan 300 ekor kambing/domba.

Pada kesempatan ini, Wakil walikota Bogor menyematkan tanda pengenal peserta BHQ     ke-20 kepada peternak dari Sibest Farm. Untuk tim keswan, tanda pengenal disematkan oleh Kepala Balitbangtan kepada drh. Fitrine Ekawati, MSc. dari BBLitvet. Apresiasi berupa pemberian domba Compass Agrinak dari Balitbangtan kepada H. Didin dan H. Suyek sebagai peserta BHQ, atas keikutsertaannya secara rutin di acara BHQ. Peninjauan lapangan BHQ dipandu Kepala BBLIvet Dr. drh. NLPI Indi Dharmayanti, MSc. dan penyematan kalung sehat “Hewan Qurban Sehat” oleh Wakil Walikota Bogor kepada salah satu sapi milik peternak. (AS/PKL)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com