Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Karantina
LPSE
Wbs
Logo Statistik
logo ditjenak
Wartazoa
Jitv
Sms center
PPID

Produk Teknologi

Balitbangtan Terus Berinovasi PDF Cetak E-mail
Kamis, 22 Agustus 2019 09:25

Bogor, 22/08/2019, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Launching Inovasi dengan tema “Membumikan Riset Pertanian di Indonesia”, diselenggarakan di Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta, Jl. Tentara Pelajar No. 12, Ciwaringin, Kota Bogor.

 

Acara dihadiri oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc., Wakil Wali Kota Dedie A Rachim.

 

Launching Inovasi terbagi dalam beberapa rangkaian acara yaitu, penandatanganan MoU, perjanjian kerja sama dan lisensi, serta penyerahan royalti. Penyerahan royalti diberikan secara simbolis kepada inventor oleh Kepala Balitbangtan mewakili Menteri Pertanian. Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak), Dr. Tike Sartika menjadi salah satu inventor penerima royalti.

Dalam launching kali ini, Balitbangtan meluncurkan tiga kelompok produk inovatifnya, yaitu Nanoteknologi, Biofortifikasi, dan Bioteknologi. Produk Nanoteknologi yang diluncurkan adalah kemasan ramah lingkungan Bioplastik Nanoselulosa Limbah Pertanian dan Biodegradable Foam (Biofoam). Keunggulan dari Bioplastik adalah mudah terurai secara alami dalam waktu 60 hari. Untuk kelompok Biofortifikasi, salah satu produk yang diluncurkan adalah Kedelai Biosoy yang merupakan hasil Bioteknologi. Pada kesempatan Launching Inovasi juga diadakan pameran hasil inovasi teknologi. Pameran diadakan agar masyarakat dapat mengetahui dan merasakan secara nyata inovasi yang dihasilkan. Pameran dilaksanakan selama dua hari, 22 – 23 Agustus 2019 di samping kiri Gedung Auditorium Ir. Sadikin Sumintawikarta. Balitnak berpartisipasi dengan menampilkan produk pakan imbuhan dan hasil ternak.

 

Acara Launching Inovasi bertujuan agar para pakar, doktor, dan profesor dapat selalu menghasilkan inovasi dan teknologi pertanian yang bisa dimanfaatkan oleh petani, peternak, dan masyarakat pada umumnya serta untuk dapat berkompetisi dengan negara lain. (AS/PKL)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com