Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
Jitv
LPSE
PPID
Wartazoa
Wbs
Karantina
logo ditjenak
Sms center

Produk Teknologi

Peran serta Balai Penelitian Ternak pada Gelar Inovasi Teknologi Peternakan Kabupaten Sukabumi PDF Cetak E-mail
Sabtu, 14 September 2019 23:07

Ciawi, 14/9/2019.—Balai Penelitian Ternak (Balitnak) sebagai salah satu institusi dengan tugas pokok dan fungsi diantaranya menghasilkan inovasi teknologi peternakan, pada hari sabtu, tanggal 14 September 2019, telah berpartisipasi aktif dalam acara Gelar Inovasi Teknologi Peternakan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Acara bertempat di lapangan Pakuwon, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. Gelar Inovasi Teknologi Peternakan pada Tahun 2019 mengambil tema “melalui Gelar Inovasi Teknologi Kita Tingkatkan Semangat Baru Melanjutkan Karya Membangun Peternakan Yang Lebih Baik".

Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, MM berkenan membuka acara gelar teknologi. Acara juga dihadiri diantaranya Perwakilan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Puslitbang Peternakan, Balitnak, Balai Embrio Ternak, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas teknis, Camat, Kepala Desa lingkup Kabupaten Sukabumi.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah dalam upaya memperbaiki kesejahteraan masyarakat telah melakukan berbagai terobosan diantaranya melalui Public Private Partnership (Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Swasta). Diamanatkan kepada seluruh perangkat daerah agar dapat menyelenggarakan kegiatan gelar teknologi tepat guna sesuai dengan bidang masing-masing dengan melibatkan seluruh masyarakat dan para inovator teknologi baik dari lembaga penelitian dan pengembangan. Bupati juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi sedang melakukan program strategis yaitu penataan kawasan pembangunan ekonomi berkelanjutan salah satunya melalui penataan kawasan peternakan. Bahwa Gelar Inovasi yang diselenggarakan merupakan salah satu cara untuk menyebarkan luaskan informasi perkembangan teknologi kekinian yang telah diciptakan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan diharapkan dapat menjawab permasalahan para peternak serta bernilai tambah bagi masyarakat.

Pada Gelar Inovasi Teknologi Peternakan kali ini Balitnak diantaranya menampilkan inovasi teknologi unggulan ayam KUB, itik Master, domba Compass Agrinak, domba Bahtera Agrinak, domba Komposit Garut Agrinak, dan beberapa produk biologi berupa feed additif, hijauan pakan ternak, serta teknologi pendukung untuk meningkatkan efisiensi reproduksi ternak. Selain dipamerkan produk biologi hasil inovasi teknologi, informasi juga disampaikan dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan poster. Pada acara keliling stand pameran, Buipati dan rombongan berkenan mencicipi telur rebus ayam KUB serta berdialog berkaitan dengan inovasi teknologi peternakan.

Rangkaian kegiatan Gelar Inovasi Teknologi Peternakan diawali dengan senam pagi bersama anak sekolah, dharma wanita dan masyaraakat, demo masak produk pangan hewani, pameran peternakan dari pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan lembaga penelitian dan pengembangan, gerakan minum susu, makan daging dan telur ayam sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani yg tidak bisa digantikan. Pameran ternak yang disajikan antara lain sapi perah, domba tangkas, kambing perah, kelinci exsotik, serta Kontes burung berkicau. Jumlah pengunjung yang diundang sekitar 2000 orang.

Di harapkan dengan partisipasi Balitnak sebagai lembaga penghasil inovasi teknologi peternakan pada acara Gelar Inovasi Teknologi Peternakan, kabupaten Sukabumi, dapat lebih cepat diadopsi masyarakat khususnya di kabupaten Sukabumi. (IS/Humas)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com