Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
Jitv
LPSE
PPID
Wartazoa
Wbs
Karantina
logo ditjenak
Sms center

Produk Teknologi

Pembekalan Wirausaha Peternakan Para Calon Purnabakti PT Samudera Indonesia Tbk. PDF Cetak E-mail
Jumat, 13 September 2019 23:20

Ciawi, 13/09/2019.—Sebagai salah bentuk tanggung jawab PT. Samudera Indonesia Tbk terhadap para karyawan yang akan menjalani purnabhakti untuk dapat mengisi kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan setelah mereka tidak lagi sebagai karyawan, pihak Manajemen telah meminta Balai Penelitian Ternak (Balitnak) untuk berkenan memberikan pembekalan wirausaha dibidang peternakan.

Kegiatan pembekalan telah dilaksanakan Balitnak pada tanggal 13 September 2019 bertempat di auditorium. Peluang wirausaha yang difokuskan adalah usahaternak ayam kampung dengan menggunakan bibit ayam KUB, praktek pengolahan hasil ternak diantaranya teknologi pembuatan nugget dan baso, serta kunjungan di kandang UPBS ayam KUB, sapi Perah, sapi Belgian Blue dan persilangannya dengan sapi Frisian Holstein (FH), dan kambing perah persilangan Saanen dengan Peranakan Etawah.

Rombongan sebanyak 60 orang telah diterima oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, dengan arahan diantaranya bahwa untuk berwira usaha peternakan pemula seyogyanya dalam skala kecil terlebih dahulu supaya lebih memahami dan menguasai berbagai kendala dalam usaha peternakan kemudian dapat dikembangkan dalam skala yang lebih besar. Diperlukan upaya-upaya untuk menciptakan pasar. Oleh karena suatu usaha dapat efisien selain penguasaan teknik budidaya ayam KUB, juga telah diberikan materi analisis usahaternak dengan narasumber Drs. IGM Budiarsana dengan skala usaha layak sebagai usaha yang berorientasi ekonomi. Pada kesempatan ini juga dilakukan pembekalan teknik pembuatan nugget dan baso, sebagai olahan hasil ternak. Peserta sangat antusias melihat dan memperagakan cara pembuatan nugget dan baso.

Dengan pembekalan wirausaha peternakan di Balitnak, semoga iptek peternakan dan pengolahan hasil ternak tersebut dapat mendorong calon purnabakti dapat berwirausaha bidang peternakan dan diharapkan dapat menjadi wirausahawan-wirausahawan peternakan yang berorientasi bisnis. Balitnak membuka diri untuk konsultasi  dan pendampingan selanjutnya. (IS/Humas)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com