Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
logo ditjenak
Jitv
Wbs
Karantina
Sms center
LPSE
Logo Statistik
PPID
Wartazoa

Produk Teknologi

Share Learning Penangkaran rusa timorensis dari Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan di Balitnak PDF Cetak E-mail
Selasa, 21 Januari 2020 09:31

Ciawi, 21/01/2020,- Balai Penelitian Ternak (Balitnak) pada tanggal 21 Januari 2020 menerima kunjungan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan, Ir. Thomas Nifinluri, M.Sc., beserta staf dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kegiatan penangkaran rusa Timorensis yang dikelola. Pada acara share learning tersebut, Kepala Balitnak Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt.,MP berkenan menerima kunjungan. Diantara kata sambutan Kepala Balai menyampaikan bahwa rusa bukan saja merupakan hewan liar akan tetapi sekarang merupakan satwa harapan karena nilai ekonomis cukup bagus sebagai hewan penghasil daging. Kedepan Balitnak siap bekerjasama dalam teknologi untuk pelestarian hewan rusa sehingga di harapakan bisa menjadi hewan yang bertaraf international yang berasal dari Indonesia utamanya dari Sulawesi Selatan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi oleh staf peneliti dan diskusi terkait ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) pengelolaan ternak rusa dari aspek pemuliaan, reproduksi, nutrisi, dan perawatan kesehatan.

Pada kesempatan kunjungan ini, Kepala BBKSDA Sulawesi Selatan melalui paparan menyampaikan bahwa saat ini sedang mengembangkan konservasi key species di Taman Buru Ko’mara yang sekaligus akan dijadikan sebagai wana ekowisata dan eduwisata dengan prinsip kelestarian, kemitraan dan kesejahteraan. Tata kelola Penangkaran rusa ini berbasis rakyat terintegrasi dan berkelanjutan (talaparusi). BBKSDA Sulawesi Selatan mengelola 15 (lima belas) kawasan konservasi yang merupakan salah satu model pengelolaan Taman buru di Indonesia. Talaparusi tersebut diharapkan sebagai bentuk Implementasi dari cara baru Kelola Kawasan Konservasi dan mendukung program Pariwisata Nasional serta Akselerasi Wisata bertaraf Internasional di Sulawesi Selatan. Kunjungan di akhiri dengan melihat langsung rusa yang dikelola Balitnak (IS/PJ Info)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com