Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
LPSE
Wbs
Sms center
Karantina
Jitv
Wartazoa
PPID
logo ditjenak

Produk Teknologi

Panen Program OPAL di Tengah Pandemi Covid-19 PDF Cetak E-mail
Jumat, 03 April 2020 23:43

Ciawi, 3 April 2020. Indonesia kini tengah berjuang melawan Covid-19. Semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat masing-masing memiliki peran untuk menghentikan penyebaran virus tsb. Kementerian Pertanian menggerakan semua jajaran dari pusat sampai ke unit pelaksana daerah untuk tetap bekerja ditengah-tengah pandemic Covid-19.

Meskipun diberlakukan bekerja di rumah “Work From  Home” (WFH) tidak menjadi alasan untuk program yang sedang berjalan menjadi terhenti. Salah satu program yang tetap berjalan yaitu program OPAL dilakukan dengan memanfaatkan lahan di area perkantoran dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Selanjutnya OPAL akan terus dikembangkan menjadi gerakan nasional dalam pemanfaatan lahan pekarangan oleh masyarakat luas sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

Pada area perkantoran Balai Penelitian Ternak Program OPAL  dikembangkan berbagai komoditas sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jenis tanaman yang ditanam budidaya tanaman Hortikultura. Pemanfaatan area ditata dengan memperhatikan estetika agar diperoleh lingkungan perkantoran yang asri dan nyaman.  Pertanaman di area perkantoran meliputi: Pertanaman di lahan/polybag/pot/aquaponik/hidroponik/vertikultur, sesuai dengan area yang tersedia, baik luasan maupun karakteristik tanah secara beragam dan berimbang

Pada hari Senin, 3 April 2020 Kepala Subbagian Tata Usaha Balitnak Dadang Sudarman, S.Kom, berkenan melakukan panen program OPAL di area perkantoran Balai Penelitian Ternak yang tetap berjalan di tengah pademi Covid-19. Panen dilakukan sebagai hasil budidaya tanaman pangan dan holtikultura berupa sayuran. Hasil panen program OPAL memberikan ketersediaan tanaman hortikultura berupa sayuran untuk para pegawai lingkup Balai Penelitian Ternak. (IS/prahum)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com