Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
LPSE
Wbs
Sms center
Karantina
Jitv
Wartazoa
PPID
logo ditjenak

Produk Teknologi

Siasati Melambungnya Harga Pakan akibat Covid-19, Peneliti Balitnak Lakukan Penelitian Pemanfaatan Enzim dan Bungkil Inti Sawit PDF Cetak E-mail
Sabtu, 11 April 2020 20:58

Wabah covid-19 berpengaruh nyata terhadap keberlangsungan usaha peternakan di Indonesia, salah satunya adalah harga pakan yang tidak stabil. Sementara itu, di tengah wabah covid-19 ini, peneliti Balitnak tetap berupaya untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan pakan ternak yang dapat membantu peternak.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kerjasama antara Balai Penelitian Ternak dengan PT Tirta Buana Kemindo dalam upaya peningkatan pemanfaatan bahan pakan lokal (bungkil inti sawit) dengan menggunakan enzim, khususnya pada ayam petelur. Pelaksanaan pendampingan dilakukan dengan menguji pengaruh pemberian multi enzim yang ditambahkan pada pakan ayam petelur. Pakan tersebut diformulasikan menggunakan bungkil inti sawit untuk menguji potensi pemanfaatan hasil samping industri sawit yang dimanfaatkan guna mengoptimalkan produksi ternak.

Pengujian dilaksanakan selama 12 minggu (masa produksi) di Kandang Percepatan Ayam Balitnak. Pengujian ini melibatkan 3 peneliti Balitnak dengan bimbingan Prof Arnold P Sinurat. Pengujian dilakukan dengan mengamati performan (konsumsi pakan, produksi telur dan kesehatan) dari ternak yang diberi perlakukan pakan selama proses pengamatan.

Kombinasi penggunaan bungkil inti sawit yang sesuai dengan penambahan multi enzim diharapkan mampu meningkatkan kecernaan pakan sehingga produksi yang optimum dapat tercapai dengan biaya pakan yang lebih murah. Selanjutnya hasil dari pengujian ini diharapkan mampu untuk memberikan rekomendasi pakan terbaik untuk mencapai produksi ternak yang efisien. (ppk)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com