Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
LPSE
Wbs
Sms center
Karantina
Jitv
Wartazoa
PPID
logo ditjenak

Produk Teknologi

Distribusi Bibit DOC Ayam KUB dan Sensi saat PSBB PDF Cetak E-mail
Selasa, 14 April 2020 22:34

Ciawi 13/4/20,- Dalam situasi pandemi covid-19 Pemerintah Pusat dan Daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tujuannya untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Langkah pemerintah dengan di berlakukannya PSBB, tentu akan banyak berdampak di berbagai sektor dan salah satu nya bidang peternakan dalam distribusi bibit ternak. Balai Penelitian Ternak sebagai lembaga riset peternakan dan penghasil bibit ternak ayam KUB dan Sensi tetap melakukan pendistribusian bibit ternak ayam kampung unggul sebagai upaya mempertahankan ketahanan pangan kebutuhan protein hewani.


Pendistribusian bibit DOC ayam KUB dan Sensi  kegiatan UPBS dan Percepatan Perbibitan Ayam masih tetap berjalan selama di berlakukan Work From Home (WFH) oleh Kementerian Pertanian. Pendistribusian dilakukan dengan pengawasan ketat dan  sesuai SOP, pengiriman berdasarkan daftar surat masuk ke Balitnak. Pendistribusian bibit sesuai penetasan setiap minggunya pada hari Kamis/Jumat  dengan jumlah pendistribusian pada kegiatan percepatan 1500-2000 ekor/ minggu berupa DOC KUB, untuk UPBS sebanyak 500 ekor DOC Sensi. Pada situasi pandemi covid -19 pengiriman terakhir  keluar daerah yaitu ke BPTP NTB  pada tanggal 27 Maret.

Di Bulan April ini, berhubung  hasil analisis AI sebagai persyaratan pengiriman sudah habis masa berlakunya dan harus diperbarui setiap 3 bulan, dan selanjutnya akibat kondisi covid-19 Dinas Kesehatan Hewan sebagai instansi yang mengeluarkan  hasil analisis belum menerima mengeluarkan  sample hasil analisis AI. Disamping itu juga kesulitan penerbangan sehingga semakin tidak  memungkinkan untuk melakukan pengiriman ke luar daerah. Dalam mematuhi penerapan PSBB pusat maupun daerah, maka Pendistribusian bibit ternak bulan April masih dilakukan setiap minggu sesuai jumlah produksi akan tetapi di prioritaskan hanya untuk wilayah Bogor dan sekitar. (IS/Prahum)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com