Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
LPSE
Wbs
Sms center
Karantina
Jitv
Wartazoa
PPID
logo ditjenak

Produk Teknologi

Pandemi Covid-19 tak Menyurutkan Kegiatan Penelitian Tanaman Pakan Ternak PDF Cetak E-mail
Jumat, 24 April 2020 11:00

Ditengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, Balitnak tetap melaksanakan penelitian untuk  ketersediaan hijauan pakan ternak dengan menghasilkan varietas Tanaman Pakan Ternak (TPT).Salah satu kegiatan penelitian yang dilaksanakan peneliti agrostologi adalah menguji produktivitas calon varietas baru TPT yakni Panicum maximum cv. purple guinea dan Panicum maximum cv. riversdale, dilakukan melalui radiasi Bahwa pembentukan calon varietas TPT ini bertujuan untuk menghasilkan hijauan yang adaptif pada lahan marginal. Lokasi pengamatan di Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

 

Pada hari Selasa, 21 April 2020 dilakukan pemanenan oleh peneliti dan teknisi litkayasa agtostologi. Dengan  pengamatan meliputi: tinggi tanaman, jumlah anakan, panjang daun, lebar daun, panjang batang, diameter batang dan produksi hijauan per satuan luas. Kalau rumputnya berbunga selain pengamatan di atas, diamati juga panjang malai, panjang dan lebar daun bendera, posisi daun bendera, panjang ruas batang dan diameter batang, warna daun dan warna batang. Kelebihan jenis rumput tersebut adalah toleran lahan  kering masam.

Dengan dihasilkan varietas TPT ini sebagai rumput potong yang diberikan kepada ternak ruminasia maka peluang pengembangan ternak ruminansia akan lebih besar, karena pada umumnya wilayah peternakan berada pada wilayah marjinal. Ditengah keterbatasan gerak karena pandemi Covid-19, Balitnak tetap berkarya menghasilkan inovasi untuk kemaslahatan masyarakat.(IS/Prahum)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com