Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Logo Statistik
LPSE
Wbs
Sms center
Karantina
Jitv
Wartazoa
PPID
logo ditjenak

Produk Teknologi

Mengolah data dengan Aplikasi Program VCE dan PEST PDF Cetak E-mail
Rabu, 06 Mei 2020 12:00

Pada tanggal 6 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom, Balai Penelitian Ternak bekerjasama dengan Universitas Padjajaran telah melakukan sebuah kegiatan pelatihan melalui virtual meeting dengan judul pelatihan aplikasi program VCE dan PEST (Prediction and Estimation). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mengolah data menggunakan aplikasi Program VCE dan PEST khususnya dalam bidang pemuliaan. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari kalangan peneliti, dosen, mahasiswa dan umum dengan jumlah 102 peserta dari 25 instansi. Instansi tersebut antara lain dari Balai Penelitian Ternak, LIPI, Loka Penelitian Sapi Potong, Loka Penelitian Kambing Potong, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, UPTD BPPTU Jatiwangi, BPTU-HPT Indrapuri, BBPTUHPT Baturraden, Ditjen PKH, Direktorat Bitpro PKH, IPB, Unpad, UB, Universitas Jember, Unhas, Politekni Pertanian Negeri Pangkep, Unand, UGM, Unida, Universitas Bandung Raya, UIN Suska Riau, Universitas Bengkulu, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin dan Stiper Kutim.

Dalam pelatihan ini narasumber adalah Prof. Dr. Agr.Ir. Asep Anang, M.Phil, Dosen Peternakan Bidang Pemuliaan Universitas Padjadjaran Bandung (Unpad). Kegiatan dibuka oleh Dr. Heni Indrijani yang juga merupakan Dosen Peternakan bidang Pemuliaan dan Biometrik Unpad, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan substansi pelatihan oleh narasumber dengan durasi kurang lebih 1 jam. Beliau memperkenalkan konsep dasar penggunaan aplikasi program VCE dan PEST dengan jelas dan lengkap. Program tersebut mengestimasi penyebaran parameter dengan “general linear model”. Model statistik mencakup berbagai kemungkinan seperti penggabungan kovarian heterogen, data longitudinal, regresi acak dan multi-environment. Sebagai contoh beliau memaparkan melalui program statistik tersebut untuk nilai pemualiaan pada ternak sapi perah dengan hasil yang baik meskipun tidak memiliki recording, jika dibandingkan dengan menggunakan pengujian ANOVA dengan hasil yang bias karena perkawinan secara random dan tidak ada kerabat, maka melalui program aplikasi VCE dan PEST ini akan sangat membantu khususnya pada penelitian bidang pemuliaan. Di akhir kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi selama kurang lebih 45 menit bersama peserta pelatihan.

Pelatihan yang berdurasi 120 menit ini disertai dengan pembagian e-sertifikat kepada seluruh peserta pelatihan. Adapun tindak lanjut dari pelatihan ini yaitu akan diadakannya pertemuan lanjutan antar Peneliti Balitnak terkait pengaplikasian Program VCE dan PEST untuk mengoptimalkan dan mempercepat perbaikan genetik sumber daya yang ada melalui analisis statistik dengan menggunakan aplikasi program VCE dan PEST.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com