Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Jitv
Wbs
Karantina
Wartazoa
Logo Statistik
LPSE
logo ditjenak
PPID
Sms center

Produk Teknologi

Gerakan Cinta Pangan Lokal melalui Inovasi PDF Cetak E-mail
Rabu, 07 November 2018 20:40

Sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap pangan lokal, Kementerian Pertanian (Kementan) sejak tanggal 7 - 9 November 2018 menggelar Pangan Lokal Fiesta di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor.

Acara di buka Menteri Pertanian yg di wakili Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Prof. Dr. Muhamad Syakir. Dalam sambutannya mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat mendorong penganekaragaman pangan lokal sekaligus meningkatkan kemandirian dan ketahanan pangan nasional. Inovasi teknologi yg sudah di kembangkan oleh Balitbangtan bertujuan utk meningkatkan pangan lokal agar dapat dikenal lebih luas serta membuka peluang komersialisasi produk pangan lokal oleh pihak swasta dan daerah potensial.

Salah satu inovasi yang didorong pada Pangan Lokal Fiesta kali ini adalah penerapan inovasi untuk mengangkat pangan lokal potensial agar mampu menjadi alternatif pengganti terigu. Pada Launching Model Agroindustri Pangan Lokal,  juga menghadirkan promosi makan mie nusantara bagi 1000 anak sekolah dan 400 tamu undangan.Acara lainnya adalah Talkshow dengan tema "Industrialisasi Sumber Karbohidrat Lokal untuk Substitusi Beras dan Terigu" dengan menghadirkan pembicara dari Komisi IV DPR RI, Kepala Balitbangtan sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Agronomi Indonesia (Peragi), Wakil Bupati Maluku Tengah serta sejumlah pelaku industri pangan lokal.

Pada kesempatan ini dilakukan penandatangan MOU antara Balitbangtan dengan sejumlah pihak swasta dan pemerintah daerah. Kegiatan lain adalah pembukaan Seminar Nasional Perigi serta Agro Inovation Fair on the Spot. Pada gelaran kali ini Balai Penelitian Termak (Balitnak) berpartisipasi dibawah kordinasi Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) menampilkan kelinci Rex dan Satin yang merupakan rumpun hasil pemuliaan peneliti Balitnak. Usaha ternak kelinci hasil pemuliaan ini akan sangat efisien untuk mendukung diversifikasi pangan lokal seperti mie baso nusantara.Semoga acara gelar inovasi teknologi "Pangan Lokal Fiesta" yang sedang berlangsung dapat bergema keseluruh negri, utk menuju kemandirian pangan. (IS)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com