Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Wbs
Logo Statistik
Karantina
Wartazoa
LPSE
PPID
Sms center
logo ditjenak
Jitv

Produk Teknologi

Sinergi Balitnak dalam menghasilkan sapi Belgian Blue PDF Cetak E-mail
Kamis, 11 Januari 2018 16:55

Menteri Pertanian merencanakan bhw Indonesia akan menghasilkan sekitar 1000 ekor sapi Belgian Blue (BB)melalui Tranfer Embriyo (TE) dan IB. Balitnak juga melaksanakan program pengembangan sapi BB melalui TE dan IB pada sapi perah. Tranfer embrio sapi BB ini dilakukan dengan cara "menitipkan" (semacam bayi tabung) embrio sapi BB dalam Uterus sapi penerima (resipien)
Dengan siklus reproduksi yang siap untuk menerima dan menempel (implantasi) dan dapat berkembang, oleh karna resipien ini hanya berfungsi sebagai "media" perkembangan embrio, maka anak yang di hasilkan adalah 100% genotipenya (darahnya) murni sapi BB. 
Pada tanggal 10 Januari 2018, sapi resipen sebanyak dua ekor dinyatakan siap untuk dilakukan TE. TE dilaksanakan oleh Tim Teknis dari BET Cipelang bersama Tim Teknis Balitnak. Berdasarkan pemeriksaan terhadap sapi resipien bahwa pada Tanggal 11 Januari 2018 juga ada 2 ekor sapi FH yang di TE. IB dengan semen sapi BB dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan oleh Tim Balitnak. Direncanakan disiapkan 24 ekor sapi perah FH sebagai resipien untuk pelaksanakan TE, dan 16 ekor sapi perah FH untuk pelaksanaan IB. Mudah-mudahan dengan penangan reproduksi yang baik sesuai SOP, akan di hasilkan sapi BB "produksi" Balitnak. (IS/Humas)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com