Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Wbs
Jitv
Wartazoa
PPID
LPSE
Sms center
Karantina
Logo Statistik
logo ditjenak

Produk Teknologi

Koordinasi Tindak Lanjut MoU Implementasi IPTEK Peternakan Puslitbang Peternakan – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 15 Februari 2018 08:10

Sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi lembaga penelitian lingkup Puslitbang Peternakan, adalah mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) peternakan hasil penelitian kepada pemangku kepentingan, dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha ternak.

Melihat beberapa hasil inovasi iptek peternakan telah menunjukkan keunggulan dalam memacu pengembangan usaha peternakan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat telah menjalin nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) dengan Puslitbang Peternakan untuk alih iptek peternakan.

Sebagai tindak lanjut hasil penandatangan MOU, Kepala Balitnak beserta beberapa peneliti dan penanggungjawab Informasi, pada tanggal 13 s/d 15 Februari 2018 telah melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat untuk melihat beberapa prioritas implementasi iptek untuk pembangunan peternakan di Sumatera Barat.

Tim Balitnak telah diterima dan berkoordinasi dengan Kepala Dinas beserta jajarannya. Kemudian Tim melanjutkan kunjungan ke UPTD lingkup Dinas Provinsi, yakni UPTD Balai Pembibitan Pengembangan dan Makanan Ternak Air Lindung. UPTD Labora Balai Inseminasi Buatan Tuah Sakato  Payakumbuh dan UPTD Unggas Simpang Lima Kab. Pasaman Barat.

Berdasarkan hasil kunjungan, untuk sementara dapat dicatat beberapa iptek/aspek yang perlu untuk di implementasikan adalah :

1.         Peningkatan kapasitas SDM dalam bidang Labora dan  pemuliaan ternak serta penerapan prinsip-prinsip pembibitan yang baik untuk menghasilkan ternak dengan kualifikasi bibit;

2.         Pembuatan sexing semen dan penggunaan iptek reproduksi untuk meningkatkan efisiensi reproduksi;

3.         Perbaikan padang penggembalaan dan pengelolaan tanaman pakan;

4.         Pengolahan bahan pakan dan pemanfaatan teknologi nutrisi ternak;

5.         Pengendalian penyakit hewan dan biosekuriti.

Dari hasil kunjungan lapang tersebut telah disepakati akan disusun grand design kerjasama kolaborasi penerapan iptek peternakan antara Balitnak, BPTP Sumatera Barat dengan UPTD lingkup Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat.(IS/Humas)

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com