Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Wbs
Jitv
Wartazoa
PPID
LPSE
Sms center
Karantina
Logo Statistik
logo ditjenak

Produk Teknologi

Tata Cara Penyusunan Perjanjian Bidang Pertanian PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 07 Mei 2018 17:35

Kasie Jasa Penelitian Balitnak, Linda Yunia mengikuti kegiatan Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Perjanjian Bidang Peternakan yang diselanggarakan oleh Biro Hukum Kementerian Pertanian pada hari Kamis sampai dengan Sabtu, tanggal 3-5 Mei 2018, di Aston Bogor Hotel & Resort; Jl. Dreded Pahlawan, Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor. Acara dihadiri oleh Pejabat dan staff (pelaksana) yang mempunyai tusi dalam bidang atau terkait dengan perjanjian di bidang pertanian di lingkungan instansi pusat/daerah.

Kepala Biro Hukum (MM Eddy Purnomo, SH, MH) pada arahan saat pembukaan acara menyampaikan bahwa perlu adanya perhatian dari Bagian Hukum di setiap Eselon I lingkup Kementan sebelum menandatangani perjanjian. Ketika perjanjian di tandatangani maka akan menjadi Undang Undang bagi para pihak yang menandatangani. Mohon juga dicermati kesetaraan antara para penandatangan perjanjian, harus di tandatangani oleh jabatan yang setara misalnya antara Eselon I tidak  dengan Eselon  II namun seharusnya dengan Eselon yang sama. Kerjasama antara sesama pemerintah idealnya seimbang, tidak hanya dibebankan kepada salah satu pihak (contoh: dana hanya dibebankan kepada salah satu pihak). Acuan permentan nomor 05 tahun 2014 jika dirasa masih kurang lengkap, maka hasil rumusan pada kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi bahan penyempurnaan. Selama ini, ada beberapa MoU yang tidak ditindaklanjuti sampai dengan batas akhir waktu perjanjian.

Enam Narasumber menampilkan materinya di acara Sosialisasi ini, yaitu (1) Kerjasama dalam Mendukung Pembangunan Pertanian, Tenaga Ahli Hukum Bidang Pertanian, Suharyanto; (2) Kerjasama Alih Teknologi; Kepala Balai PATP, Dr. Retno Sri Hartati Mulyandari, MSi.; (3) Kerjasama Luar Negeri Bidang Pertanian, Dr. Ade Candra Wijaya; (4) Kerjasama Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kabag Perencanaan Pengembangan SDM, Sekretariat Badan PPSDMP, Dr. Ranny Mutiara Chaidirsyah; (5) Kerjasama Bidang Litbang; Kabag KSHOH Balitbangtan, Ir Erlita Adriani, MBA; (6) Teknik Penyusunan Perjanjian, Muqthi Ali, LEX MUNDUS Training and Consultancy.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com