Balitnak selenggarakan Bimtek Budidaya Ternak Kambing, Domba dan Tanaman Pakan Ternak

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Cigombong – Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan program nasional berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya. Dalam rangka melasanakan dan mensukseskan program tersebut, Balitnak selenggarakan Bimtek Budidaya Ternak Kambing, Domba dan Tanaman Pakan Ternak (TPT), di Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cigombong, Rabu (24/03/21). Kegiatan ini diikuti oleh para Kelompok Tani Dewasa (KTD)/ Kelompok Wanita Tani (KWT)/ Komunitas Peternak/ Peternak Perorangan sekitar TTP Cigombong. Hadir dalam acara ini Kepala Balitnak Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak beserta Subkoodinator Jasa Penelitian dan tim, Manajer TTP Cigombong Dede Zaenab, S.Kom.I., Narasumber Bimtek Dr. Wisri Puastuti dan Dra. Retno Mujiastuti. Acara Bimtek dibuka oleh Kepala Balitnak.

“Presiden memerintahkan dan mengamanatkan Kementerian Pertanian agar dampak pandemi covid bisa diatasi namun tetap produktif.” Tuturnya.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa kita patut bersyukur bahwa TTP Cigombong masih bisa menjalankan kegiatannya dengan baik, ini artinya negara membangun tempat ini masih dimanfaatkan. Salah satu kunci TTP adalah tempat para petani belajar bersama untuk meningkatkan pengetahuan, terutama dalam pengembangan usaha tani. Daerah Cigombong adalah daerah wisata sehingga harus jeli dan punya daya tarik alamnya yang berbukit-bukit, sehingga bisa mengelola alam ini agar bisa bermanfaat bagi wilayah Cigombong khususnya dan umumnya Kabupaten Bogor. Wilayah ini yang berpeluang dikembangkan adalah system usaha tani yang berbasis konservasi, karena berada di wilayah yang tofografinya antara 20 – 40 dpl. Jadi yang harus kita buat adalah digaris-garis konturnya ditanami hijauan pakan ternak, baru disela antar garis kontur ditanami tanaman tahunan, bisa buah-buahan atau yang lainnya. Agar pihak TTP bisa banyak berkomunikasi dengan satker-satker Badan Litbang supaya tempat ini lebih memberi manfaat ke masyarakat sekitarnya. Minta untuk menjadi pembibitan tanaman buah-buahan dan hortikultura yang cocok di wilayah sini sehingga bisa berkembang ke seluruh masyarakat. Bisa dengan mekanisme Kerjasama dengan satker-satker tersebut.

Manajer TTP Cigombong menyampaikan agar para peternak yang hadir agar bisa memaksimalkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan skillnya di bidang peternakan. Harapanya pelatihan seperti ini bukan yang pertama, namun bisa berkelanjutan.

Kegiatan Bimtek hari ini dibagi menjadi 2 sesi, pertama budidaya ternak kambing dan domba, materi disampaikan Dr. Wisri Puastuti dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Sedangkan sesi kedua materi oleh Dra. Retno Mujiastuti tentang tanaman hijauan pakan ternak dengan peserta sebanyak 20 orang. Para peserta tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini, terlihat dari keaktifan peserta dalam diskusi dan melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar budidaya kambing, domba dan tentang TPT. Pertanyaan yang paling mendominasi yaitu terkait penanganan penyakit pada ternak dan proses pepmbuatan silase. (AKS)


Layanan Online

Kalendar Kegiatan

No events

Sosial Media

Visitor

Today19
Yesterday24
This week68
This month290
Total8139

Visitor Info

  • IP: 10.22.11.10
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

1
Online

12-05-2021
© 2021 Balai Penelitian Ternak. Jl. Veteran III Ciawi Tapos, Ds. Banjarwaru Kec. Ciawi Kab. Bogor - 16720.