Kadis PKH Subang : “Memelihara ayam harus berorientasi bisinis, tidak hanya sekedar membentuk kelompok untuk menerima bantuan”

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Subang – Balitnak laksanakan kegiatan ketiga dari rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya. Kali ini Balitnak laksanakan Bimtek Budidaya Ternak Ayam, di Aula Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Subang, Selasa (30/03/21). Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Ternak Mekarjaya Kalijati dan BUMDES. Hadir dalam acara ini Kepala Balitnak Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, Kepala Subbagian Tata Usaha, Subkoodinator Jasa Penelitian dan tim, Kepala Dinas PKH Bambang Suhendar, S.IP., Sekretaris Dinas PKH, dan Kepala Bidang Produksi Dinas PKH. Narasumber Bimtek Dr. Cecep Hidayat dan Anton Sujatmiko, Bimtek dibuka oleh Kepala Balitnak.

Kepala Dinas mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan Bimtek. “Bicara ayam kampung bukan berarti kampungan, logikanya saat ini di pasar harga daging ayam kampung lebih mahal dari ayam broiler, kelihatan sederhana, tetapi ini peluang yang perlu dimanfaatkan,” tuturnya.

Beliau juga mengatakan bahwa memelihara ayam harus berorientasi bisnis, tidak hanya sekedar membentuk kelompok untuk menerima bantuan. Penguatan kelembagaan perlu dilakukan. Salah satu kelemahan atau penyakit kelompok adalah ketika merintis sebelum maju kompak, tetapi ketika sudah maju mulai timbul kecurigaan antar satu dengan yang lain. Kelompok ini diharapkan menjadi pionir dalam pengembangan ayam kampung. Sehingga ayam-ayam kampung terutama hasil inovasi Balitnak bisa menyebar di masyarakat. Karena sampai saat ini Kabupaten Subang merupakan produsen unggas terbesar di Indonesia. Tetapi disisi lain sering masyarakat yang memelihara ayam kampung, sulit untuk menjual atau memasarkan, sehingga kejadian seperti ini menjadi ironi.

Kepala Balitnak dalam sambutannya menyatakan ada satu hal yang menguntungkan Kab. Subang yaitu letak geografis yang sangat strategis, sehingga menjadi salah satu keuntungan pasar. Dimana sering menjadi tempat persinggahan atau jalan alternatif. Sehingga usaha-usaha yang dijalankan memiliki potensi pasar yang baik. Selain itu pembinaan kelembagaan disini tidak memulai dari nol, karena sudah banyak kelompok yang terbentuk. Makanya sekarang diajak belajar Bersama dalam kegiatan Bimtek ini. Ada satu hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ayam KUB, yaitu dalam pengaturan waktu penetasan atau produksi, sehingga pada saat umur potong tidak bersamaan, ini bisa membuat kontinuitas usaha berlangsung dengan baik. Kedepannya kelompok ternak ini diharapkan bisa menjalin Kerjasama dengan Balitnak, agar keberlangsungan usaha terjaga. Dan menjadi jaminanan bahwa yang meminta bibit ke Balitnak adalah benar-benar peternak. Makanya Balitnak tidak melakukan kontrak Kerjasama ekslusif dengan pihak swasta, karena ayam KUB ini untuk masyarakat.

Sedangkan Sekdis PKH menyampaikan bahwa penyakit peternak itu terdiri atas kudis (kurang disiplin), kutil (kurang teliti) semua hal harus dicatat dengan baik, supaya kalau ada kesalahan tidak terulang kembali dan kurap (kurang rapi) diantaranya pemeliharaan kandang harus bersih. Usaha ayam ini walaupun tidak menjadi usaha pokok, minimal harus menjadi cabang usaha, apalagi yang mengelola adalah BUMDES.

Kabid Produksi mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu tindak lanjut kerjasama Balitnak dengan BUMDES. Ayam buras menunjang peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan, jadi tidak hanya mengandalkan dari padi, karena ayam ini tidak mengenal musim kebutuhannya, sehingga potensinya cukup besar. Ternak ayam tidak memerlukan lahan skala luas tidak seperti pertanian maupun perkebunan. Pelatihan ini diharapkan dapat membuka wawasan untuk membukan usaha lainnya.

Bimtek dilaksanakan menjadi 2 sesi, pagi dengan peserta kelompok ternak Mekarjaya, jumlah peserta sebanyak 20 orang dan sore peserta dari BUMDES sebanyak 20 orang. Para peserta berharap ada tindak lanjut dari kegiatan ini yang dapat menunjang kemajuan usaha ternaknya. (AKS)


Layanan Online

Kalendar Kegiatan

No events

Sosial Media

Visitor

Today18
Yesterday24
This week67
This month289
Total8138

Visitor Info

  • IP: 10.22.11.10
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

1
Online

12-05-2021
© 2021 Balai Penelitian Ternak. Jl. Veteran III Ciawi Tapos, Ds. Banjarwaru Kec. Ciawi Kab. Bogor - 16720.