Belajar Bersama Peternak, Balitnak Laksanakan Bimtek di TTP Sedong

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Cirebon – Bimtek Budidaya Ternak Ayam Kembali dilaksanakan Balitnak. Kali ini dilangsungkan di TTP Sedong Cirebon, Rabu (31/03/21). Acara dibuka oleh Kepala Balitnak Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak. Selain tim Balitnak dan narasumber, hadir juga dari Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Cirebon, yaitu Plt Kepala Dinas, Kepala Bidang Peternakan serta Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon. Sedangkan peserta merupakan peternak ayam di sekitar wilayah TTP Sedong.

Plt Kepala Dinas mengatakan melalui Bimtek ini diharapkan masyarakat atau peternak menjadi terbiasa dengan pemeliharaan ternak yang baik, karena selama ini kegiatan beternak hanya sebagai sampingan, disamping kegiatan utama sebagai petani atau profesi lainnya. Sehingga kalau mendapat bantuan, bisa berkembang tidak sampai habis. Kita sudah punya fasilitas yang bisa dimanfaatkan, namun memerlukan bantuan agar mendapatkan anggaran tambahan, karena yang tersedia saat ini masih kurang, terutama untuk anggaran pakan yang selama ini sangat keteteran.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kab. Cirebon H. Ridwan menuturkan bahwa hal ini sebagai salah satu sinergi dengan Dinas dalam usaha mengembangkan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini.karena sector pertanian memiliki potensi untuk bertahan dan berkembang ditengah kondisi sulit sekalipun. Bimtek ini merupakan stimulus untuk membangkitkan peternakan, meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat.

Sedangkan anggota Komsi II DPRD Mamat Surahmat berharap terus mendapat dukungan dari Balitnak, terutama untuk plasma yang saat ini ada di sekitar TTP Sedong sebanyak 11 plasma. Sehingga TTP dan plasmanya bisa berkembang dan memenuhi permintaan sekitar wilayah Cirebon.

Kepala Bidang Peternakan DPPP menyampaikan bahwa kebutuhan akan ayam kampung di wilayah Kabupaten Cirebon cukup besar, kurang lebih 450 ribu per tahun. Sedangkan populasi ayam kampung diperkirakan sekitar 1,4 juta ekor. Disini terdapat 5 pasar hewan dimana salah satu komoditas yang dijual adalah unggas, termasuk ayam kampung yang menjadi salah satu primadonanya. Yang terbesar pasar hewan Weru Plered sekitar 250-300 ekor perhari ayam kampung yang dijual. Selain itu juga di Ciledug jumlah ayam kampung yang dijual sekitar 150-200 ekor, belum pasar Arjawinangun dan yang lainnya. Jadi potensi pasar ayam kampung ini sangat bagus, belum lagi permintaan dari rumah makan, resto maupun hotel. Dalam pemeliharaan ayam kampung sebaiknya tidak diumbar dan selalu menjaga kesehatannya. Dengan potensi pasar yang masih besar, diharapkan di Sedong menjadi sentra peternakan ayam kampung, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Kepala Balitnak mengatakan yang melandasi kegiatan ini adalah pertama Program Nasional Kementerian Pertanian untuk mengoptimalkan inovasi yang sudah dihasilkan oleh Badan Litbang. Kedua untuk mengoptimalkan fungsi TTP Sedong agar memberi manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Ketiga sebagai tindak lanjut kunjungan Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon beserta Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan. Selain itu Beliau juga menyampaikan agar segera dilakukan replacement indukan ayam yang ada di TTP Sedong. Tinggal menunggu kesiapan disini untuk menerima bibit DOC dari Balitnak. Sehingga nantinya indukan tersebut bisa menghasilkan DOC yang akan disebarkan ke masyarakat sekitar. Karena kemampuan Balitnak untuk memenuhi permintaan maupun pembelian bibit DOC sangat terbatas. Diharapkan nantinya disini menjadi sentra pembibitan ayam KUB. Karena dengan mulai dari TTP Sedong, kita tidak memulai dari nol, kandangnya sudah ada, fasilitas, inti dan plasmanya juga sudah ada, tinggal perbaikan dan penambahan yang kurang. Selain itu TTP bisa dijadikan simpul beberapa program Dinas Pertanian.

Bimtek kembali dilaksanakan 2 sesi, dengan jumlah peserta masing-masing sesi sebanyak 20 orang. Pengisi materi kali ini Peneliti Balitnak Dr. Cecep Hidayat membawakan materi tentang Budidaya Ternak Ayam KUB dan Sart Feed Agrinak, Teknisi Ayam Anton Sujatmiko membawakan materi tentang Manajemen Penetasan dan Inseminasi Buatan pada Ayam. Diharapkan melalui Bimtek ini dapat menambah bekal ilmu dan pengalaman dalam beternak. (AKS)


Layanan Online

Kalendar Kegiatan

No events

Sosial Media

Visitor

Today18
Yesterday24
This week67
This month289
Total8138

Visitor Info

  • IP: 10.22.11.10
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

1
Online

12-05-2021
© 2021 Balai Penelitian Ternak. Jl. Veteran III Ciawi Tapos, Ds. Banjarwaru Kec. Ciawi Kab. Bogor - 16720.