Bina Peternak Itik Karawang, Balitnak Gelar Bimtek Budidaya Ternak

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Karawang – Setelah sebelumnya laksanakan Bimtek Budidaya Ternak Ayam, Balitnak terus berupaya menambah pengetahuan dan wawasan peternak dalam budidaya ternak. Kali ini kegiatan Bimtek Budidaya Ternak Itik dilaksanakan di Ponpes Nurussalam Karawang, Rabu (07/043/21). Hadir di acara hari ini Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Karawang Ir. Handoko, MP., Pimpinan Ponpes Nurussalam H. Ujang Badruddin, M.Pd., sedangkan dari Balitnak Dr. Triana Susanti, Subkoordinator Jasa Penelitian Linda Yunia, SE., dan tim. Peserta adalah peternak itik di sekitar wilayah Karawang.

Ujang Badruddin menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting, karena bisa mendapatkan beragam ilmu dan pengalaman terkait dengan budidaya ternak. Potensi area lapangan di karawang sudah memenuhi syarat, namun kekurangan tenaga-tenaga handal dalam beternak, sehingga bisa menguntungkan dan menjadi solusi ditengah pandemi, serta meningkatkan kualitas produksi peternakan. Beliau berharap setelah kegiatan ini ada tindak lanjutnya berupa program yang bisa bermanfaat bagi para peternak.

Sedangkan Ir. Handoko dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat tepat, karena potensi ternak itik ada di wilayah utara Karawang. Dilihat dari banyaknya yang mengajukan SKKH ke Dinas sebagai syarat pengiriman ternak ke luar daerah. SKKKH ini sangat penting karena menjadi tanda bahwa ternak yang dikeluarkan terjamin kualitas dan kesehatannya, sehingga tidak menularkan penyakit terhadap ternak yang sudah ada. Potensi lainya adalah banyaknya produsen telur asin, bahkan sudah dalam skala ekspor ke Singapura, selain dikirim ke luar daerah seperti Pontianak, Lombok dan daerah lainya. Bahan untuk pembuatan telur asin, didapatkan dari para peternak lokal Karawang. Selain itu banyak kuliner yang menawarkan olahan daging bebek di Karawang, artinya peluang usaha bebek ini sangat besar. Dari segi lahan Karawang memiliki potensi 97.353 hektar sawah, yang merupakan potensi sumber pakan murah bagi ternak itik. Masalah peternakan di Karawang adalah pakan, kesehatan dan sanitasi kandang, dan harga. Solusi yang diperlukan diperlukan bahan pakan yang murah dengan menggunakan potensi sumber daya yang ada disini. Selain itu harus dicari solusi agar kandang agar tidak basah dan kurang baunya. Hal lainya adalah bagaimana pengolahan telur dan daging yang baik agar dapat diterima pasar. Dinas memiliki program pelatihan Juleha (Jurus Sembeleh Halal). Hal lainnya saat ini sedang diusahakan para peternak dapat masuk Simluhtan secara bertahap, agar terdaftar di Kementerian Pertanian melalui PPL. Sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan berbagai program dan bantuan.

Dr. Triana Susanti menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu keberhasilan kegiatan ini. “Karawang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar untuk pengembangan ternak itik,” tuturnya. Dengan luas lahan sawah yang cukup, diharapkan dapat menjadi sumber bahan pakan yang murah, yang menjadi salah satu permasalahan dalam pengembangan itik. Balitnak memiliki bibit unggul itik dan ternak-ternak lainnya hasil inovasi penelitian yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Peserta Bimtek hari ini 40 orang yang dibagi dua sesi, dengan narasumber Dr. Triana Susanti dan Hamdan. Pelatihan seperti ini sangat penting dan berguna bagi para peternak, diharapkan peserta yang hadir dapat menularkan ilmu yang didapat kepada peternak-peternak lainnya. (AKS)


Layanan Online

Kalendar Kegiatan

No events

Sosial Media

Visitor

Today18
Yesterday24
This week67
This month289
Total8138

Visitor Info

  • IP: 10.22.11.10
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online

1
Online

12-05-2021
© 2021 Balai Penelitian Ternak. Jl. Veteran III Ciawi Tapos, Ds. Banjarwaru Kec. Ciawi Kab. Bogor - 16720.